Klabet (Trigonella foenoem-graecum L)

KATEGORI ARTIKEL: K

19/08/2023
Khasiat Klabet (Trigonella foenoem-graecum L)
Asma, Batuk, Bisul, Haid Tidak Teratur, Infeksi Kerongkongan, Pelembut Kulit, Penambah Nafsu Makan, Pencernaan terganggu, Rambut Rontok, Reumatik, Sakit Lambung, Wasir,

Nama Latin:
Trigonella foenoem-graecum L

Flower and foliage: Krzysztof Ziarnek, Kenraiz (https://plants.ces.ncsu.edu/plants/trigonella-foenum-graecum/)

Sinonim :

Familia :
Papilionaceae (Leguminoceae)

Uraian :
Terna tahunan, tumbuh tegak, tinggi 30 cm sampai 60 cm. Daun berbentuk bundar telur terbalik sampai bentuk baji. Bunga tunggal atau sepasang, keluar di ketiak daun, mahkota berwarna kuning terang. Buah polong gundul, memanjang atau berbentuk lanset. Buah berisi 10 sampai 20 biji.

Nama Lokal :
NAMA SIMPLISIA Foenigraeci Semen; Biji Klabet.

Penyakit Yang Dapat Diobati :
SIFAT KHAS Pahit dan menghangatkan.
KHASIAT Laksatif, ekspektoran, dan oroxigenik.

PENELITIAN Sri Adi Sumiwi S.A., 1988. Studi Farmasi, FPS ITB. Pembimbing: Dr. Ny. N.C. Soegiarso. Telah melakukan penelitian pengaruh ekstrak biji Klabet terhadap spermatogenesis tikus. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata ekstrak biji Klabet berpengaruh terhadap spermatogenesis tikus jantan.

Pemanfaatan :

BAGIAN YANG DIGUNAKAN
Biji.

KEGUNAAN
1. Asma.
2. Batuk.
3. Haid tidak teratur.
4. Membangkitkan nafsu makan.
5. Pencernaan tidak baik.
6. Radang lambung.
7. Sakit kerongkongan.
8. Wasir.
9. Bisul (obat luar).
10. Rambut rontok (obat luar).
11. Rematik – nyeri otot (obat luar).
12. Pelembut kulit (kosmetika).

RAMUAN DAN TAKARAN
Meningkatkan Pertumbuhan Rambut
Minyak Kemiri dikenal untuk mencegah rambut rontok. Untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, pada minyak Kemiri ditambahkan biji Klabet.
Ramuan:
Serbuk biji Klabet 5 gram
Minyak Kemiri 100 ml

Cara pembuatan:
Dibuat infus. Campuran tersebut didiamkan selama semalam, kemudian dienaptuangkan.

Cara pemakaian:
Sebagai minyak rambut.

Komposisi :
Alkaloid trigonelina, steroida, sapogenin, diosgenin, gitogenin, tigogenin, yamogenin, trilin, diosin, flavonoid vitexin, dan enzim.


Foto Credit:
Flower and foliage: Krzysztof Ziarnek, Kenraiz (https://plants.ces.ncsu.edu/plants/trigonella-foenum-graecum/)

Istilah yang Perlu Diketahui dalam Artikel ini

Asma
Asma adalah suatu kelainan berupa inflamasi (peradangan) saluran napas yang disebabkan hipereaktifitas bronkus, sehingga menimbulkan gejala berupa mengi, sesak napas, rasa berat di dada, dan batuk terutama malam atau dini hari.
Batuk
Batuk adalah respon alami tubuh untuk mengeluarkan zat dan partikel dari dalam saluran pernafasan agar tidak masuk ke saluran nafas bawah. Tenggorokan dan paru – paru menghasilkan sedikit lender untuk menjaga kelembaban saluran pernafasan.
Bisul
Bisul atau furunkel adalah peradangan pada folikel rambut yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Mulanya, infeksi menimbulkan benjolan dan kemerahan pada kulit. Setelah 4-7 hari, benjolan tersebut akan terisi oleh nanah dan terasa nyeri.
Haid Tidak Teratur
Menstruasi tidak teratur juga bisa disebut oligomenore, dan dapat terjadi jika ada perubahan metode kontrasepsi, ketidakseimbangan hormon, perubahan hormonal di sekitar masa menopause, atau sedang melakukan latihan fisik tertentu.
Reumatik
Rematik atau rheumatoid arthritis adalah penyakit yang ditandai dengan nyeri dan peradangan pada sendi. Kondisi ini merupakan penyakit autoimun, yakni kondisi ketika sistem imun pada tubuh seseorang menyerang sel-sel tubuhnya sendiri
Wasir
Wasir / Ambeien adalah pembengkakan atau pembesaran pembuluh darah vena yang berada di sekitar rektum atau anus. Wasir bisa dialami oleh siapa saja, namun lebih umum terjadi pada orang berusia di atas 50 tahun.

DISCLAIMER:

By Google

Konten website ini berasal dari web iptek.net.id yang sudah tidak online lagi. Publikasi ulang dengan penyesuaian ditujukan untuk pelestarian ilmu pengetahuan.