Kelingkit Taiwan (Malpighia coccigera Linn.)

KATEGORI ARTIKEL: K

24/09/2023
Khasiat Kelingkit Taiwan (Malpighia coccigera Linn.)
Abses, Bengkak, Bisul, Hepatitis, Insomnia, Menurunkan Panas, Peluruh Dahak, Reumatik,
Kelingkit Taiwan (Malpighia coccigera Linn.) / Credit wikipedia
Kelingkit Taiwan (Malpighia coccigera Linn.) / Credit wikipedia

Familia :
Malpighiaceae

Uraian :
Pertama kali ditemukan oleh Marcello Malpighi, seorang ahli ilmu pengetahuan berkebangsaan Itali (1628–1693). Tanaman yang berasal dari Hindia Barat ini tumbuh subur di segala jenis tanah, terutama di tanah Hat. Kelingkit Taiwan sering ditemukan sebagai tanaman pagar atau tanaman hias sampai ketinggian 800 m dpl. Perdu dengan tinggi 0,5–2,5 m ini mempunyai ranting lurus yang menjulur, penuh dengan daun sehingga tampak rimbun. Daun tunggal, letaknya berhadapan, bentuknya oval dengan pangkal membulat, bagian tepi terdapat bagian-bagian yang bergigi menyerupai duri, panjang 1–2 cm, tebal seperti kulit, permukaan mengilap, warnanya hijau tua. Bunga di ketiak, warnanya putih atau ros pucat. Buah keras (1–2 buah), besarnya sekitar 1 cm, bertangkai, warnanya merah, dan berbiji. Perbanyakan dengan stek batang.

NAMA DAERAH
Daun selaput, daun serut.

NAMA ASING
Mirten.

NAMA SIMPLISIA
Malphigiae coccigerae Folium (daun kelingkit taiwan).

Penyakit Yang Dapat Diobati :
Menghilangkan panas, bengkak, dan dahak.

Pemanfaatan :

BAGIAN YANG DIGUNAKAN
Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah daun dan akarnya.

INDIKASI
Daun digunakan untuk:
– menghentikan muntah akibat lambung panas,
– janin dalam kandungan bergerak terus karena ibu terlalu panas,
– gelisah, sukar tidur (insomnia),
– lidah kaku dan sukar bicara,
– rematik, dan
– hepatitis.

CARA PEMAKAIAN
Untuk obat yang diminum, rebus 100–250 g daunnya dalam bentuk segar.
Untuk pemakaian luar, cuci bersih daun segar, lalu tumbuk sampai halus. Kompreskan pada bisul atau abses.

CONTOH PEMAKAIAN DIMASYARAKAT
Hepatitis akut dan kronis
Cuci daun kelingkit taiwan yang masih segar (dua genggam), lalu rebus dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan minum sehari tiga kali, masing-masing setengah gelas.

Bisul, abses
Cuci daun segar (250 g), lalu tambahkan beberapa potong tang kwe. Rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum airnya sehari dua kali, masing-masing setengah gelas.


Foto Credit:
Kelingkit Taiwan (Malpighia coccigera Linn.) / Credit wikipedia

Istilah yang Perlu Diketahui dalam Artikel ini

Abses
Abses merupakan penumpukan nanah yang dapat terbentuk di bagian tubuh mana saja. Ada banyak jenis abses, mereka bisa terbentuk di kulit, mulut, atau di sekitar organ. Ketika tubuh terkena infeksi, sistem kekebalan tubuh bekerja untuk melawannya.
Bisul
Bisul atau furunkel adalah peradangan pada folikel rambut yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Mulanya, infeksi menimbulkan benjolan dan kemerahan pada kulit. Setelah 4-7 hari, benjolan tersebut akan terisi oleh nanah dan terasa nyeri.
Hepatitis
Penyakit hepatitis adalah peradangan hati yang disebabkan oleh virus hepatitis. Ada 5 jenis virus hepatitis: A, B, C, D, dan E. Infeksi yang akan mengganggu kerja organ hati ini dapat menular dengan mudah, melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi virus.
Insomnia
Insomnia yaitu adalah kondisi ketika seseorang mengalami sulit tidur atau butuh waktu yang lama untuk bisa tidur. Kondisi lain yang bisa dialami adalah anda terbangun di malam hari dan tidak bisa tidur kembali.
Reumatik
Rematik atau rheumatoid arthritis adalah penyakit yang ditandai dengan nyeri dan peradangan pada sendi. Kondisi ini merupakan penyakit autoimun, yakni kondisi ketika sistem imun pada tubuh seseorang menyerang sel-sel tubuhnya sendiri

DISCLAIMER:

By Google

Konten website ini berasal dari web iptek.net.id yang sudah tidak online lagi. Publikasi ulang dengan penyesuaian ditujukan untuk pelestarian ilmu pengetahuan.