Jarak Bali (Jatropha podagrica)

KATEGORI ARTIKEL: J

01/06/2019
Khasiat Jarak Bali (Jatropha podagrica)
Antiradang, Bengkak Terpukul, Demam, Digigit Ular, Meredakan Nyeri, Pembuang Racun, Penurun Panas,

Jarak bali adalah terna tegak yang berkhasiat obat, adapun tumbuhan ini bersifat meredakan nyeri, antiradang, menghilangkan bengkak, pembuang racun, dan penurun panas. Tumbuhan itu juga dikenal dengan jarak batang gajah. (Wikipedia)

Jarak Bali (Jatropha podagrica)

Nama ilmiah: Jatropha podagrica
Klasifikasi lebih tinggi: Jatropha
Tingkatan takson: Spesies
Keluarga: Suku kastuba-kastubaan

Uraian :
Tanaman ini dapat ditemukan sebagai tanaman hias, yang ditanam di pekarangan atau tempat rekreasi. Asalnya, dari Amerika tropis. Perdu tegak, tinggi 0,5- 1,5 m, bergetah warna putih, batang tunggal atau sedikit bercabang, dengan pangkal batang yang membesar dan melembung seperti umbi. Daun bertangkai yang panjangnya 20-30 cm, helai daun bangun perisai, bentuknya bulat telur melebar dengan ukuran penampang 20-40 cm, bercangap 3 atau 5, taju runcing atau membulat. Bunga dalam malai rata yang bertangkai panjang, dengan bunga betina dan bunga jantan dalam satu tangkai, warnanya merah oranye. Buah bentuk elips melebar, berkendaga tiga, panjang 1,5 cm. Biji lonjong atau bulat panjang.

Nama Lokal :
Jarak batang gajah.

Penyakit Yang Dapat Diobati :
Demam, bengkak terpukul, digigit ular biasa.

Pemanfaatan :
BAGIAN YANG DIPAKAI: Seluruh tanaman

KEGUNAAN:
– Demam
– Bengkak terpukul
– Digigit ular berbisa

PEMAKAIAN:
Untuk minum: 10-15 g direbus. Ampasnya digunakan untuk ditempelkan pada tempat yang sakit.

Komposisi :
SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS:
Manis, pahit, dingin. Menghilangkan sakit (analgetik), menghilangkan pembengkakan, menghilangkan racun dan membersihkan panas.


Foto Credit:
Jarak Bali (Jatropha podagrica) / wikipedia

Istilah yang Perlu Diketahui dalam Artikel ini

Antiradang
Anti inflamasi adalah penangkal peradangan, atau yang digunakan untuk mencegah atau mengurangi peradangan. Anti inflamasi adalah sifat yang terkandung dalam obat atau makanan yang digunakan untuk meredakan inflamasi

DISCLAIMER:

By Google

Konten website ini berasal dari web iptek.net.id yang sudah tidak online lagi. Publikasi ulang dengan penyesuaian ditujukan untuk pelestarian ilmu pengetahuan.