Lingzhi alias Ganoderma Lucidum alias Jamur Kayu (foto: wikipedia)

Lingzhi alias Ganoderma Lucidum alias Jamur Kayu (foto: wikipedia)

Ganoderma lucidum, jamur oriental, memiliki sejarah panjang digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan umur panjang di Cina, Jepang, dan negara-negara Asia lainnya. Ini adalah jamur besar dan gelap dengan eksterior mengkilap dan tekstur kayu. Kata Latin lucidus berarti “mengkilap” atau “brilian” dan mengacu pada penampilan pernis permukaan jamur. Di Cina, G. lucidum disebut lingzhi, sedangkan di Jepang nama untuk keluarga Ganodermataceae adalah reishi atau mannentake.

Dalam bahasa Cina, nama lingzhi mewakili kombinasi potensi spiritual dan esensi keabadian, dan dianggap sebagai “ramuan potensi spiritual,” melambangkan kesuksesan, kesejahteraan, kekuatan ilahi, dan umur panjang. Di antara jamur yang dibudidayakan, G. lucidum memiliki keunikan karena nilai farmasinya daripada nutrisi. Berbagai produk komersial G. lucidum tersedia dalam berbagai bentuk, seperti bubuk, suplemen makanan, dan teh. Ini diproduksi dari berbagai bagian jamur, termasuk miselia, spora, dan tubuh buah. Aplikasi spesifik dan manfaat kesehatan yang dikaitkan lingzhi termasuk kontrol kadar glukosa darah, modulasi sistem kekebalan tubuh, perlindungan hepatoproteksi, bakteriostasis, dan banyak lagi. Berbagai kepercayaan mengenai manfaat kesehatan G. lucidum (Gambar 9.2) sebagian besar didasarkan pada bukti anekdotal, penggunaan tradisional, dan adat istiadat budaya. Namun, laporan terbaru memberikan dukungan ilmiah kepada beberapa klaim kuno tentang manfaat kesehatan lingzhi.

Lingzhi telah diakui sebagai jamur obat selama lebih dari 2000 tahun, dan efeknya yang kuat telah didokumentasikan dalam naskah kuno (Wasser 2005). Proliferasi gambar G. lucidum dalam seni dimulai pada 1400 AD, dan mereka terkait dengan Taoisme (McMeekin 2005). Namun, gambar G. lucidum melampaui agama dan muncul dalam lukisan, ukiran, perabotan, dan bahkan aksesori wanita (Wasser 2005). Buku pertama yang sepenuhnya ditujukan untuk deskripsi herbal dan nilai obat mereka adalah Shen Nong Ben Cao Jing, yang ditulis dalam dinasti Han Timur Cina (25-220 M). Buku ini juga dikenal sebagai “Klasik Materia Medica” atau “Klasik Herbal Shen-nong.” Ini menggambarkan zat botani, zoologi, dan mineral, dan disusun pada abad kedua dengan nama samaran Shen-nong (“suci” petani “; Zhu, 1998). Buku, yang telah terus diperbarui dan diperluas, menggambarkan efek menguntungkan dari beberapa jamur dengan mengacu pada jamur obat G. lucidum (Zhu, 1998; Upton 2000; Sanodiya et al. 2009).

Dalam Suplemen Klasik Materia Medica (502-536 M) dan Ben Cao Gang Mu oleh Li Shin-Zhen, yang dianggap sebagai farmakope pertama di Cina (1590 Masehi; Dinasti Ming), jamur dikaitkan dengan terapi. sifat-sifat, seperti efek tonifikasi, meningkatkan energi vital, memperkuat fungsi jantung, meningkatkan memori, dan efek antipenuaan. Menurut Farmakope Negara Republik Rakyat Tiongkok (2000), G. lucidum bertindak untuk mengisi ulang Qi, meringankan pikiran, dan meredakan batuk dan asma, dan dianjurkan untuk pusing, susah tidur, jantung berdebar, dan sesak napas.

Lingzhi liar jarang terjadi, dan pada tahun-tahun sebelum dibudidayakan, hanya kaum bangsawan yang mampu membelinya. Diyakini bahwa jamur suci tumbuh di rumah abadi di “tiga lorong terberat” di lepas pantai Cina (McMeekin 2005). Namun, reputasinya sebagai obat mujarab mungkin diperoleh lebih karena distribusi yang tidak teratur, kelangkaan, dan digunakan oleh anggota masyarakat Cina yang kaya dan istimewa dibandingkan dengan efeknya yang sebenarnya. Namun demikian, spesies Ganoderma terus menjadi obat tradisional yang populer di Asia dan penggunaannya tumbuh di seluruh dunia (Wachtel-Galor, Buswell et al. 2004; Lindequist, Niedermeyer, dan J├╝lich 2005).(Sumber: ncbi.nlm.nih.gov)

Lingzhi atau ling zhi adalah sejenis jamur Ganoderma lucidum. (Wikipedia)
Nama Ilmiah: Ganoderma lucidum (Leyss.ex Fr.) Karst.
Keluarga: Ganodermataceae
Klasifikasi lebih tinggi: Ganoderma
Tingkatan takson: Spesies

Uraian :
Tumbuh saprofif pada batang kayu yang lapuk, tumbuh liar dan kadang dibudidayakan. Badan buah bertangkai panjang yang tumbuh lurus ke atas, topi dari badan buahnya menempel pada tangkai tersebut, bangun setengah lingkaran dan tumbuh mendatar. Badan buah menunjukkan lingkaran-lingkaran yang merupakan batas periode pertumbuhan, tepi berombak atau berlekuk, sisi atas dengan lipatan-lipatan radier, warnanya coklat merah keunguan, mengkilat seperti lak. Berumur beberapa tahun dengan tiap-tiap kali membentuk lapisan-lapisan himenofora baru.

Nama Lokal :
Supa sinduk (Sunda).;

Penyakit Yang Dapat Diobati :
Sukar tidur (Insomnia), pusing, bronkhitis, asma, silicosis, hepatitis; Hipertensi, sakit jantung, sakit lambung, tidak napsu makan; Rematik;

BAGIAN YANG DIPAKAI:
Badan buah. Setelah dikumpulkan, dicuci lalu dijemur.

KEGUNAAN:
– Badan terasa lemah (Neurasthenia), pusing.
– Rasa lemah akibat sakit lama.
– Sukar tidur (insomnia).
– Bronkhitis kronis, asthma, silicosis.
– Hepatitis.
– Tekanan darah tinggi.
– Sakit jantung koroner (Coronary heart disease).
– Kolesterol tinggi (hipercholesterolemia).
– Sakit lambung (gastritis).
– Tidak napsu makan (anoreksia).
– Rematik sendi (Rheumatic arthritis).
– Menunda ketuaan.

PEMAKAIAN:
Untuk minum: 3-15 g, rebus.
Pemakaian luar. Digunakan untuk pilek (Rhinitis).

CARA PEMAKAIAN:
1. Neurasthenia, sukar tidur, mimpi berlebihan:
3-10 g jamur kayu direbus, minum.

2. Hepatitis kronis, sesak napas (asma bronkhial):
1-2 g jamur kayu dibuat bubuk, seduh dengan air panas, minum
setelah dingin. Lakukan 3 kali sehari.

3. Menguatkan dan meningkatkan daya tahan tubuh:
Rebus 15 g ling zhi dengan 4 gelas air bersih dalam periuk tanah
sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin disaring dan airnya
ditambahkan 1 sendok makan madu. Aduk sampai rata, minum.
Sehari 2 kali, tiap kali minum sebanyak 1 gelas.

CATATAN :
Ling-zhi adalah jamur yang dijual di toko obat dengan berbagai macam kemasan berupa potongan-potongan jamur atau yang sudah diolah seperti kapsul, tablet, sirop, tincture atau suntikan.

Komposisi :
SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS:
Rasanya manis sedikit pahit, hangat, tidak beracun.

Menguatkan dan meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit jantung, aphrodisiak, menambah napsu makan (stomakik), penenang (sedatif, obat batuk (antitusif dan menghilangkan sesak (anti-asthmatic).

KANDUNGAN KIMIA: Ergosterol, coumarin, fungal lysozyme, asam protease, protein yang larut dalam air, asam amino, polypeptidase dan saccharida, serta beberapa macam mineral seperti natrium (Na), calcium (Ca), zinc (Zn), copper (Co) dan mangan (Mn).

Referensi tambahan:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK92757/

DISCLAIMER:
Konten Jamur Kayu (Ganoderma lucidum/Lingzhi/Reishi) blog herbal ini berasal dari Web "Sentra Informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) - BPPT" yang sudah tak ada lagi. Publikasi ulang bertujuan untuk melestarikan pengetahuan. Website dengan konten berharga ini saya simpan pada 1/22/2013, 11:17:50 PM. Website asalnya sudah diskontinu. Domain iptek.net.id menjadi ipteknet.go.id. Ada ratusan artikel pada web tersebut yang akan saya upload ulang dengan beberapa penyesuaian konten. Mengutip Jamur Kayu (Ganoderma lucidum/Lingzhi/Reishi) dari web ini harus menyertakan sumber link.