pohon lada (dok. Media Tani)

Sinonim :

Familia :
Piperaceae.

Uraian :
Tanaman herba tahunan, memanjat. Batang bulat, beruas, bercabang, mempunyai akar pelekat, warna hijau kotor.

Daun tunggal, bulat telur, pangkal bentuk jantung, ujung runcing, tepi rata, panjang 5-8 cm, lebar 2-5 cm, pertulangan menyirip, warna hijau.

Bunga majemuk, bentuk bulir, menggantung, panjang 3,5-22 cm, warna hijau.

Buah buni, bulat, buah muda berwarna hijau dan setelah tua berwarna merah.

Nama Lokal :
NAMA SIMPLISIA
Piperis nigri Fructus; Buah Lada hitam. Piperis albae Fructus; Buah Lada putih.

Penyakit Yang Dapat Diobati :
SIFAT KHAS
Pedas, menghangatkan, dan melancarkan peredaran darah.

KHASIAT
Karminatif, diaforetik, diuretik, dan analgesik.

PENELITIAN
Nurendah P. Subanu, Bambang Wahjoedi, Oswald T. Tampubolon, dkk. Pusat Penelitian Farmasi, Badan LITBANGKES DEPKES. Telah melakukan penelitian pengaruh buah Lada dan buah Cabai Jawa, terhadap kehamilan mencit.

Dari hasil penelitian tersebut, ternyata buah Lada dan buah Cabai Jawa pada takaran yang cukup besar, dapat menyebabkan resorpsi janin mencit.

Errasmus S., Sasmitadimedja, Adjad S., dkk. Bagian Farmakologi, FK UNPAD. Telah melakukan penelitian infus buah Lada terhadap efek menghilangkan rasa nyeri pada mencit. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata pemberian per oral infus dengan takaran 500 mg/kg bb, menyebabkan perpanjangan waktu reaksi (PWR), sama dengan PWR untuk parasetamol den gan takaran 250 mg/kg bb, dan lebih pendek dari PWR untuk metamizol dengan takaran 250 mg/kg bb.

Sunaryo Sarwono,1988. Fakultas Farmasi, UGM. Pembimbing: Drh. Daryono, M.Sc. Ph.D., dan Dr. C.J. Soegihardjo, Apt. Telah melakukan penelitian pengaruh pemberian seduhan serbuk buah Lada hitam terhadap hepatotoksisitas parasetamol pada mencit jantan. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata seduhan serbuk Lada hitam pada dosis 305,76 mg/kg bb yang diberikan secara bersama-sama dengan pemberian parasetamol dosis 250 mg/kg bb dapat menghambat proses hepatotoksis pada mencit.

Pemanfaatan :

BAGIAN YANG DIGUNAKAN
Buah.

KEGUNAAN
Buah:
Disentri.
Kolera.
Kaki bengkak.
Nyeri haid.
Rematik (nyeri otot).
Selesma.
Sakit kepala (obat luar).

Daun:
Batu ginjal.

RAMUAN DAN TAKARAN
Kaki Bengkak (pada wanita hamil)

Ramuan:
Buah Lada hitam 10 butir
Rimpang Lempuyang Emprit segar 1 Jari
Daun Sirih segar 2 helai
Arak sedikit

Cara pembuatan:
Dipipis hingga halus dan ditambah sedikit arak.

Cara pemakaian:
Dibalurkan pada kaki pada waktu malam sebelum tidur.

Lama pengobatan:
Diulang sampai sembuh

Catatan
Lada dalam obat tradisional dibedakan atas:
1. Lada hitam (tidak dikupas).
2. Lada putih (buah sudah masak dikupas)..

Komposisi :
Minyak atsiri, pinena, kariofilena, limonena, filandrena, alkaloid piperina, kavisina, piperitina, piperidina, zat pahit, dan minyak lemak.

DISCLAIMER:
Konten Lada (Piper nigrum L) blog herbal ini berasal dari Web "Sentra Informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) - BPPT" yang sudah tak ada lagi. Publikasi ulang bertujuan untuk melestarikan pengetahuan. Website dengan konten berharga ini saya simpan pada 1/22/2013, 11:17:50 PM. Website asalnya sudah diskontinu. Domain iptek.net.id menjadi ipteknet.go.id. Ada ratusan artikel pada web tersebut yang akan saya upload ulang dengan beberapa penyesuaian konten. Mengutip Lada (Piper nigrum L) dari web ini harus menyertakan sumber link.