Umbi Gadung (foto: vebma.com)

Gadung tergolong tanaman umbi-umbian yang cukup populer walaupun kurang mendapat perhatian. Gadung menghasilkan umbi yang dapat dimakan, namun mengandung racun yang dapat mengakibatkan pusing dan muntah apabila kurang benar pengolahannya. (Wikipedia)

Nama ilmiah: Dioscorea hispida
Famili: Dioscoreaceae
Klasifikasi lebih tinggi: Uwi-uwian
Tingkatan takson: Spesies
Spesies: D. hispida

Uraian :
Semak, menjalar, permukaan batang halus, berduri, warna hijau keputihan. Daun tunggal, lonjong, berseling, ujung lancip, pangkal tumpul, warna hijau. Perbungaan bentuk tandan, di ketiak daun, kelopak bentuk corong, mahkota hijau kemerahan. Buah bulat setelah tua biru kehitaman. Biji bentuk ginjal. Bagian yang Digunakan Rimpang.

Nama Lokal :
NAMA DAERAH:
Bitule, Bunga meraya (Manado); Gadung, Gadung ribo (Sumatera Barat); Gadung (Sunda); Gadung (Jawa); Ghadhung (Madura); Gadung, Sikapa, Skapa (BeIitung); Iwi (Sumbawa); . Ondot in lawanan, Pitur (Minahasa); Siapa (Bugis); Sikapa (Makasar); Boti (Roti); Lei (Kai); Uhulibita, Ulubita (Seram); Hayule, Hayuru (Ambon).

NAMA ASING: NAMA SIMPLISIA
Dioscoreae hispidae Rhizoma; Rimpang Gadung

Penyakit Yang Dapat Diobati :
SIFAT KHAS Manis dan menetralkan.
KHASIAT Anti inflamasi, spasmolitik, diaforetik, dan kholagog.

PENELITIAN Serafinah Indriyani, 1986. Jurusan Biologi, FMIPA UNAIR.
Telah melakukan penelitian pengaruh pemberian perasan umbi Gadung terhadap oogenesis mencit. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata perasan umbi Gadung menghambat siklus ovarii yang dampaknya mempengaruhi fungsi oogenesis.

Pemanfaatan :
KEGUNAAN
-Keputihan.
-Kencing manis.
-Kusta.
-Mulas.
-Nyeri empedu.
-Nyeri haid.
-Radang kandung empedu.
-Rematik (nyeri persendian).
-Kapalan (obat luar).

RAMUAN DAN TAKARAN
Kusta (Lepra)
Penyakit kusta yang masih dini, dapat diobati dengan ramuan sebagai berikut.
Ramuan: Rimpang Gadung beberapa keping, Buah Cabe Jawa beberapa butir, Lada Putih secukupnya, Kelapa Parutan secukupnya, Gula Aren secukupnya, Air 150 ml

Cara pembuatan: Dibuat infus.
Cara pemakaian: Diminum 1 kali sehari 100 ml.
Lama pengobatan: Diulang selama 14 hari.

Kapalan
Ramuan: Rimpang Gadung secukupnya, Air sedikit
Cara pembuatan: Dipipis hingga seperti bubur.
Cara pemakaian: Balurkan pada bagian kulit yang mengeras.
Lama pengobatan: Diperbaharui setiap 3 jam.

Rematik
Selain diobati dengan obat modern atau obat tradisional dianjurkan makan Gadung.

Peringatan
Pemakaian yang terlalu banyak, dapat menyebabkan keracunan. Keracunan Gadung berakibat kejang-kejang. Penawar sementara kloralhidrat atau kalium bromida.

Catatan Bahaya
Gadung merupakan umbi yang beracun. Agar dapat dimakan perlu pengolahan, seperti berikut ini. Umbi dipotong tipis-tipis, kemudian direndam dalam air yang telah dibubuhi garam. Umbi terus dialiri air sampai air cuciannya tidak berwarna putih. Setelah itu dijemur di panas matahari.

Ada beberapa jenis Gadung, antara lain:
Gadung Bunga Wangi.
Gadung Kuning.
Gadung Kelan.
Gadung Padi (bunga tidak berbau).

Komposisi :
Alkaloid dioskorina, diosgenina, saponin, furanoid norditerpena, zat pati, dan tanin.

DISCLAIMER:
Konten Gadung (Dioscorea hispida Dennust) blog herbal ini berasal dari Web "Sentra Informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) - BPPT" yang sudah tak ada lagi. Publikasi ulang bertujuan untuk melestarikan pengetahuan. Website dengan konten berharga ini saya simpan pada 1/22/2013, 11:17:50 PM. Website asalnya sudah diskontinu. Domain iptek.net.id menjadi ipteknet.go.id. Ada ratusan artikel pada web tersebut yang akan saya upload ulang dengan beberapa penyesuaian konten. Mengutip Gadung (Dioscorea hispida Dennust) dari web ini harus menyertakan sumber link.